Partai Keadilan Sejahterah

PKS Yakin Akhyar Tumbangkan Bobby di Pilwalkot Medan

Partaiku.id – Berpindahnya salah satu kader senior PDIP di Sumatera Utara menuju Partai Demokrat membuat peta politik dalam Pilkada Kota Medan menemui babak baru.

Pilkada Kota Medan semakin memanas. Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, yang merupakan Wakil Ketua DPD PDIP Sumut (sekarang sudah dipecat), mendapat dukungan PKS dan Demokrat. 

Ketua DPW PKS Sumut, Hariyanto, meyakini Akhyar akan menang bertarung dengan menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, yang didukung PDIP. 

“Ya sejak awal kita sebagai partai politik mengusung ya kita yakin kita akan menang,” kata Hariyanto.

“Pertama, Pak Akhyar itu kan orang yang berpengalaman, inkumben sudah punya pengalaman, track record juga bagus itu menjadi modal awal untuk beliau itu memimpin kembali,” sambung dia. 

Kendati demikian, Hariyanto tak ingin anggap remeh sosok Bobby, dia memprediksi Pilkada Kota Medan akan sengit. 

“Kayaknya sih enggak jauh beda, agak bersainglah. Head to headnya sengit,” tutur Hariyanto.  

Soal wakil Akhyar, Hariyanto menyebut akan dipasangkan dengan kader PKS, Salman Alfarisi, yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Sumut. 

Saat ini, kepastian Akhyar akan didampingi Salman tinggal menunggu finalisasi dari DPP PKS. 

“Kalau memang benar itu terjadi ya ini justru semakin memperkuat. Dua-duanya sudah punya nama di Medan, sudah sama-sama berpengalaman di legislatif dan satu eksekutif. Itu sangat diperlukan sekali untuk kota Medan ini menjadi lebih baik lagi,” tutur Anggota DPRD Sumut itu. 

PKS memiliki 7 kursi di DPRD Kota Medan, sementara Demokrat 4 kursi. Maka total ada 11 kursi dan telah memenuhi syarat minimal 10 kursi (20 persen) untuk mengusung kandidat di Pilwalkot Medan.  

Sementara Bobby Nasution jika resmi diusung, PDIP memiliki 10 kursi di DPRD Medan, sementara Gerindra juga sama 10 kursi. Jika ditambah Golkar (4) dan NasDem (4). Maka total kursi pendukung Bobby menjadi 28 kursi. 

Sebelumnya, DPP PDIP merespons Akhyar yang ngotot maju dan bahkan ditengarai sudah menjadi kader Demokrat sebagai kader yang haus kekuasaan. Hingga kini DPP PDIP belum merekomendasikan nama di Pilwalkot Medan, namun Plt Ketua DPD PDIP sumut Djarot menyebut frekuensinya semakin jelas untuk Bobby Nasution. 

Facebook Comments
Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker