Partai Golongan Karya

Dave Laksono: Diplomasi Indonesia Butuh Dukungan Anggaran yang Kuat

Partaiku.id – Komisi I DPR RI mengadakan Rapat Kerja dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) untuk membahas Anggaran Infrastruktur Diplomasi dan Sarana-Prasarana, yang merupakan tindak lanjut dari Kunjungan Kerja Luar Negeri Komisi I DPR RI ke berbagai Perwakilan RI di luar negeri.

Anggaran Infrastruktur Diplomasi mencakup tunjangan dan fasilitas dasar bagi pegawai di perwakilan luar negeri, termasuk Angka Dasar Tunjangan Penghidupan Luar Negeri (ADTLN), Angka Pokok Tunjangan Penghidupan Luar Negeri (APTPLN), Tunjangan Penghidupan Suami Istri, Tunjangan Anak, Fasilitas Sewa Rumah, dan Restitusi Pengobatan.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono, menekankan pentingnya dukungan anggaran untuk upaya diplomasi Indonesia. Indonesia memiliki lebih dari 130 kantor perwakilan, mulai dari KJRI, KBRI, hingga kantor perwakilan lainnya di berbagai negara.

“Untuk memastikan anggaran yang dimiliki oleh masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L) dapat dioptimalkan dan hasilnya maksimal, diperlukan dukungan yang menyeluruh,” ujar Dave.

Dave menjelaskan bahwa pembahasan rapat tersebut fokus pada efisiensi dan optimalisasi anggaran untuk kebutuhan para diplomat, sehingga fasilitas yang dimiliki Indonesia dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh semua K/L yang terlibat dalam upaya diplomasi.

“Tidak hanya dari Kemlu, tetapi juga dari Kementerian Pertahanan, Perdagangan, Pertanian, Pendidikan, semua memanfaatkan anggaran tersebut. Belum lagi fasilitas wisma-wisma,” jelas Politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Dengan demikian, Dave menegaskan bahwa upaya diplomasi Indonesia sangat membutuhkan dukungan anggaran yang kuat agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker