Partaiku.id – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan bahwa Hasil itu diperoleh dari survei yang digelar 24 Mei hingga 7 Juni 2022 dengan total 1.200 responden dari seluruh provinsi. Pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.
“Kalau kita lihat segmen pemilih yang punya akun Facebook, KIB unggul. Dari hasil survei, yang memilih KIB 23,2 persen akrab dengan dunia digital,” kata Direktur CPA-LSI Denny JA, Ade Mulyana dalam konferensi pers hasil survei ‘Tiga Poros Utama Pilpres 2024 di Era Digital’.
Sementara itu, pemilih poros PDI-Perjuangan yang memiliki akun Facebook hanya sebesar 12,6 persen. Kemudian, untuk poros Gerindra dan PKB hanya 17,6 persen pemilihnya yang memiliki akun Facebook.
Poros KIB juga tercatat unggul dalam soal pemilih yang memiliki akun WhatsApp (WA).
Dari hasil survei LSI, tercatat pemilih poros KIB yang memiliki akun WA sebanyak 20,7 persen; pemilih poros PDIP 13,8 persen; dan pemilih poros Gerindra-PKB 19,9 persen.
“Kenapa KIB unggul di masyarakat digital? Kita lihat tadi, pemilih KIB memang banyak yang tinggal di kota, golongan menengah atas, berpendidikan tinggi yang memang lebih banyak aktif di dunia digital,” ujarnya.