Partai Keadilan Sejahterah

UU KIA: Ketua DPP PKS Pastikan Penurunan Stunting Terjadi

Partaiku.id – Netty Prasetiyani, Ketua DPP PKS Bidang Kesejahteraan Sosial sekaligus Anggota Komisi IX DPR RI, menegaskan pentingnya implementasi UU Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) dalam mengurangi angka stunting.

“UU ini memberikan perhatian khusus pada 1000 hari pertama kehidupan anak, yang merupakan periode krusial untuk membentuk generasi unggul di masa depan. Yang terpenting, pastikan undang-undang ini berkontribusi pada penurunan stunting,” ujar Netty dalam pernyataannya pada Rabu, 12 Juni 2024.

Menurut Netty, UU KIA akan mendorong peran aktif negara dalam menjamin kesejahteraan keluarga.

“Undang-undang ini mendorong negara untuk bertanggung jawab atas kesejahteraan ibu dan anak, bukan hanya menjadi beban anggota keluarga,” tambahnya.

Netty mendesak pemerintah untuk segera merumuskan peraturan pelaksanaan (PP) agar implementasi di lapangan bisa efektif. Salah satu fokusnya adalah memastikan asupan gizi untuk ibu dan anak sesuai dengan pasal 27 UU KIA.

“Asupan gizi bagi ibu dan anak tidak boleh hanya diartikan sebagai program pemberian sembako gratis,” tegasnya.

Lebih lanjut, Netty menekankan bahwa kesejahteraan ibu dan anak hanya akan menjadi janji kosong jika pemerintah tidak menyediakan dana untuk memenuhi gizi seimbang, layanan kesehatan yang optimal, serta edukasi budaya hidup sehat.

“Pastikan ibu dan anak mendapatkan makanan sehat dengan gizi seimbang, bahan pokok penunjang, makanan pendamping ASI, serta layanan kesehatan dan pengobatan gratis,” lanjutnya.

Terakhir, Netty mengingatkan pemerintah untuk turun langsung ke lapangan guna memastikan tidak ada tindakan sepihak seperti pemecatan pada pekerja yang mengambil cuti hamil dan melahirkan.

“Berikan tindakan tegas terhadap perusahaan yang menolak cuti melahirkan selama enam bulan yang sudah memenuhi persyaratan,” tutupnya.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker