Partaiku.id , Jakarta– MENJELANG dimulainya kontestasi politik pada tahun 2024, semua partai politik mencoba menunjukkan ciri khas dan citranya masing-masing. Baik itu melalui televisi, koran khususnya media digital terutama medsos. Partai manapun mencoba menampilkan citra citra baru untuk bersaing meraih kemenangan pada tahun 2024.
Dalam urusan komunikasi politik, ada pesan penting yang ingin disampaikan setiap partai kepada publik baik melalui media massa, cetak ataupun digital. Melalui cara tersebut parpol dapat menggambarkan gagasan visi, misi, program kerja dan citra diri.
Oleh karena itu iklan yang dilakukan partai politik menjadi begitu penting karena iklan menjadi penghubung partai dengan pemilih. Selain kegiatan pemasaran, iklan partai politik merupakan kegiatan komunikasi politik. Iklan dapat digambarkan sebagai simbol-simbol yang membawa citra diri partai.
SEMIOTIKA DAN KOMUNIKASI
Komunikasi politik merupakan studi Ilmu Komunikasi yang lahir pada masa kontemporer. Komunikasi politik memiliki sifat dinamis dan cair. Hal ini bertujuan untuk memberikan implikasi nyata dan gambaran kepada publik tentang warna dan gambaran partai politik. Selain bertujuan untuk menggambarkan citra diri partai politik, komunikasi politik bertujuan untuk publishing partai politik.